The Big Town

Ilmuwan ingris pada tahun 1663 berhasil membuktikan bahwa tubuh kita merupakan mahluk hidup yang terdiri dari satuan-satuan terkecil yang kemudian dinamakan Cel. Sebuah sel layaknya sebuah kota besar. Setiap sel memiliki ratusan sampai ribuan generator listrik, tenaga dan pabrik bahan bakar, jaringan komunikasi yang rumit, sistem transportasi, dan sistem keamanan, bahkan sistem manajemen sampahpun terkelola dengan baik sehingga kota tersebut aman, tentram  dan teratur.

Ada sekitar 100 triliun sel dalam tubuh manusia dewasa yang digolongkan kedalam lebih dari 200 jenis kelompok sel dengan bentuk yang beraneka ragam. Seluruh aktivitas kita dalam kehidupan sehari-hari sangat bergantung pada aktivitas sel-sel dalam tubuh kita. Sebagai contoh saat kita membaca tulisan ini, sel-sel batang dan kerucut matalah yang menerima bayangan huruf-huruf tulisan ini, lalu dikirimkannya ke Otak untuk diterjemahkan.

Perlu kita ketahui bahwa sel-sel ini memiliki batas kerja atau umur masing-masing. Tubuh manusia senantiasa menjaga keseimbangan ini demi tercapainya fungsi yang di inginkan. Maka dari itu, setiap hari lahir sekitar 17.000.000.000 (17 milyar) sel baru untuk mengganti sel-sel yang telah usang dan mati.


Fastabiqul khairat, page; 18.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Dokter-apoteker: Apoteker-dokter Pengalaman.

Kisah Hikmah, Pasar Sentral, Aku dan Ayah (Part Universitas Kehidupan Muh Akbar Bahar)

Dari Kondom hingga Lipitor.